Layanan Informasi Publik

LAYANAN PPID DPMPPTSP PROVINSI SUMATERA UTARA

Maklumat Pelayanan PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara:

 

Meja Pelayanan Informasi

PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara, menempati ruang pelayanan di lantai 1 gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara, Jalan K.H.Wahid Hasyim Nomor 8 A, Medan.

Telepon (061) 4514614, Fax. (061) 4572953

Email: dpmpptsp@sumutprov.go.id

Waktu Pelayanan Informasi

Layanan Informasi oleh PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara, dilaksanakan pada hari kerja Senin sampai dengan Jum’at, dengan jam layanan:

Penetapan Standar Biaya

Mekanisme Permohonan informasi publik di DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara

  1. Pemohon Informasi menyampaikan permohonan informasi kepada PPID melalui surat, fax, e-mail, telepon atau datang langsung ke ruang layanan PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara;
  2. Pemohon Informasi mengisi Formulir Permohonan Informasi dan memenuhi persyaratan permohonan (salinan identitas diri atau organisasi/ surat kuasa/ bukti pengesahan badan hukum);
  3. Pemohon Informasi menerima tanda bukti permohonan informasi dari Petugas Informasi apabila syarat permohonan informasi telah dilengkapi;
    • Dalam hal permohonan disampaikan secara langsung atau melalui surat elektronik, nomor pendaftaran diberikan saat penerimaan permohonan.
    • Dalam hal permohonan disampaikan melalui surat, pengiriman nomor pendaftaran dapat diberikan bersamaan dengan pengiriman informasi. Paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan.
  1. PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara menyampaikan pemberitahuan tertulis yang berisikan:
  • Informasi yang diminta berada di bawah penguasaan PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara ataupun tidak.
  • PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara akan menginformasikan Badan Publik mana yang menguasai informasi yang diminta apabila informasi yang diminta tidak berada di bawah penguasaan PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara, bila PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara mengetahui keberadaan informasi yang diminta.
  • Penerimaan atau penolakan permohonan dengan alasan informasi yang diminta merupakan informasi yang dikecualikan (dirahasiakan).
  • Dalam hal permohonan diterima seluruhnya atau sebagian, akan dicantumkan materi informasi yang akan diberikan.
  • Dalam hal suatu dokumen mengandung materi yang dikecualikan maka informasi yang dikecualikan tersebut akan dihitamkan dengan disertai alasan dan materinya.
  • Alat penyampai dan format informasi yang akan diberikan.
  • Biaya serta cara pembayaran untuk memperoleh informasi yang diminta.

PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara dapat memperpanjang waktu untuk mengirimkan pemberitahuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan alasan secara tertulis.

Formulir Permohonan Informasi

 

Mekanisme Pengajuan Keberatan dalam Permohonan Informasi Publik

Sesuai dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik:

  1. Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara melalui surat, fax, e-mail, telepon atau datang langsung ke ruang layanan PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara, berdasarkan alasan berikut:
  1. penolakan atas permintaan informasi berdasarkan alasan pengecualian;
  2. tidak disediakannya informasi berkala;
  3. tidak ditanggapinya permohonan informasi;
  4. permohonan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
  5. tidak dipenuhinya permintaan informasi;
  6. pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
  7. penyampaian informasi yang melebihi waktu yang diatur dalam UU No. 14 tahun 2008.
  1. Pengajuan keberatan dilakukan dengan mengisi Formulir Pernyataan Keberatan atas Permohonan Informasi dan memenuhi persyaratan (salinan identitas diri atau organisasi/ surat kuasa/ bukti pengesahan badan hukum) dan menerima tanda bukti pengajuan keberatan dari Petugas Layanan Informasi;
  2. Tanggapan atas keberatan akan diterima pemohon paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan atasan PPID, maka Pemohon Informasi dapat mengajukan keberatan kepada Komisi Informasi dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID oleh Pemohon Informasi.

Formulir Pernyataan Keberatan atas Permohonan Informasi

 

Laporan Informasi Layanan Publik

PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara menyusun laporan layanan publik sebagai bentuk evaluasi dan pertanggungjawaban dalam pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik sesuai Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Laporan Layanan Informasi PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara Tahun 2008

 

SOP

Terkait pelaksanaan tugas memberikan layanan informasi publik, PPID DPMPPTSP Provinsi Sumatera Utara mengikuti SOP PPID Provinsi Sumatera Utara yang telah disahkan Gubernur Sumatera Utara dalam SK Gubernur Nomor 188.44/765/KPTS/2017.