Dukung Site Visit Konsul di Proyek Investasi Sumut, Edy Rahmayadi Dorong Sinergi Datangkan Investor

MEDAN, 25/8 - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) melepas para konsul jenderal dan kehormatan negara sahabat di Medan, yang akan mengikuti site visit atau kunjungan lokasi di kawasan proyek investasi di Sumut. Site visit  tersebut dilakukan dalam rangka menarik investor untuk  berinvestasi di Sumut.

Edy Rahmayadi menyebut sinergi antarseluruh instansi terkait sangat diperlukan. Sinergi yang selama ini telah terbangun pun mesti terus diperkuat.  "Ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, harus terus diperkuat sinergi kita, silakan apa yang mau dibuat untuk tujuan kita ini, saya dukung," kata Edy Rahmayadi saat menerima rombongan site visit di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Kamis (25/8).

Pandemi Covid-19, kata Edy, sempat membuat kegiatan investasi terhambat. Kini setelah pandemi mulai membaik, diharapkan banyak investasi yang masuk ke Sumut.

 

"Kita tahu bersama harusnya ini rencana di 2019, lalu Covid datang, semua masing-masing disibukkan dengan penanganan Covid, kini keadaan mulai membaik, sekarang kita mulai lagi tarik investor, " kata Edy.

Disampaikan juga, Sumut memiliki potensi dan keunggulan yang sangat besar. Mulai dari letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka, hingga sumber daya alam yang melimpah. Namun untuk mengembangkan hal tersebut memerlukan infrastuktur yang mumpuni. Sehingga perekonomian Sumut terus dapat digenjot.

"Saya akan men-support itu sesuai dengan wewenang saya. Sekali lagi terima kasih silakan. Koordinasikan secara ketat, " ujar Edy.

Hingga triwulan I tahun 2022 realisasi investasi di Sumut tercatat Rp9,52 triliun. Nilai ini tumbuh sebesar 44% (yoy). Target realisasi tahun 2022 sebesar Rp48,70 triliun. Berdasarkan nilai tersebut, target tercapai sudah 20%.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Doddy Zulverdi menyebut kunjungan tersebut merupakan inisiasi North Sumatra Investment (NSI) dalam rangka mengajak para konsul melihat langsung proyek investasi yang ada di Sumut. NSI sendiri merupakan tim kerja yang terdiri dari unsur Pemprov Sumut, Bank Indonesia dan beberapa lembaga lain, yang bertugas meningkatkan investasi di Sumut.

Lokasi yang akan dikunjungi antara lain Kawasan Industri Medan, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Kaldera Toba Resort, hingga PTPN IV di Simalungun.

Adapun konjen yang mengikuti site visit tersebut di antaranya Konjen Malaysia di Medan Aiyub bin Omar, Konjen Singapura di Medan Edmun Chia, Konjen Republik Rakyat Tiongkok di Medan Zhang Min, Konsul Kehormatan Belanda di Medan Ony Hindra Kusuma, Konsul Kehormatan Jerman di Medan Daniel Adyaksa Darmadi, Konsul Kehormatan Timor Leste di Medan Irawan, Konsul Kehormatan Denmark di Medan Hendra Wijaya Kesuma. Turut hadir, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Sumut Faisal Arif Nasution.